SMP Muhammadiyah 1 Kalasan

Musaka Siap UNBK

Musaka Siap UNBK

Kalasan, Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang akan dilaksanakan pada bulan April 2019 telah dipersiapan sedini mungkin oleh pemerintah. Simulasi 1 sebagai langkah awal persiapan UNBK wajib dilaksanakan oleh sekolah. Simulasi yang oleh pemerintah dibagi penjadi dua periode, yaitu periode 1 mulai tanggal 4 sampai dengan 8 November 2019 dan periode 2 mulai tanggal 11 sampai dengan 15 November 2019. Namun, untuk SMP di Sleman kegiatan simulasi tersebut dilaksanakan serentak pada periode 1. Tanggal 4 dan 5 November merupakan jadwal sinkronisasi, tanggal 6 dan 7 November pelaksanaan simulasi dengan mata pelajaran wajib Bahasa Inggris yang jatuh pada tanggal 6 November 2019, dan untuk mapel pilihan Musaka memilih Matematika.

Dalam pelaksanaan simulasi kali ini memang ada sedikit kendala secara teknis, namun hal tersebut dirasakan oleh beberapa sekolah yang lain. Mulai dari rilis token yang lambat, jaringan yang kurang lancar, beberapa komputer yang Logout bersama, bahkan ada yang sampai waktu hampir habis baru bisa masuk ke aplikasi, walaupun sebelumnya telah dilakukan pengecekan kabel dan menggunakan komputer cadangan. Hal tersebut membuat peserta simulasi sedikit gaduh, namun dengan diberi sedikit pemahaman oleh Siti Arbaroni sebagai proktor dan Noor Aini sebagai teknisi dengan adanya kendala teknis yang dialami ini tidak hanya terjadi di sekolah kita, namun di semua sekolah, mereka akhirnya juga mengerti. Pelaksanaan simulasi 1 hari pertama pada sesi 1 akhirnya mundur sekitar 3 jam, yang seharusnya selesai pukul 09.30, namun pukul 12.30an baru selesai. Akibatnya untuk sesi 2 pun juga mengalami kemunduran, dari yang dijadwalkan mulai pukul 10.30, namun sekitar pukul 12.40 baru dimulai.

Untuk pelaksanaaan simulasi 1 hari kedua dengan mata pelajaran Matematika, alhamdulillah berjalan  lebih lancar, jaringannya pun juga lebih lancar, meskipun ada beberapa kendala diantaranya komputer yang Logout sndiri, hal tersebut sudah tidak membuat peserta simulasi gaduh lagi, mungkin sudah belajar dari pengalaman hari sebelumnya. @rb

Komentar Facebook